PENGARUH PROFESIONALISME DAN TANTANGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP SOLUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SMKN BIDANG TEKNOLOGI DAN REKAYASA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN PEMBELAJARAN ABAD KE-21

Sadewandani, Rizki Ilham (2019) PENGARUH PROFESIONALISME DAN TANTANGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP SOLUSI KEPEMIMPINAN KEPALA SMKN BIDANG TEKNOLOGI DAN REKAYASA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN PEMBELAJARAN ABAD KE-21. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kajian profesionalisme dan tantangan kepemimpinan kepala sekolah terhadap solusi kepemimpinan kepala sekolah SMKN bidang kejuruan di era Revolusi Industri 4.0dan pembelajaran abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala bidang keahlihan dan beberapa guru/ staf di dua SMK yaitu SMKN 2 Depok dan SMKN 2 Pengasih dengan jumlah total responden 31 orang periode 2018/2019. Pengumpulan data dari populasi untuk variabel ini yaitu dengan menggunakan angket dengan skala likert dengan rentang skor 1 sampai dengan 4. Validasi instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi product moment dan uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif antara profesionalisme kepala sekolah terhadap solusi kepemimpinan kepala SMKN di era Revolusi Industri 4.0 dan pembelajaran abad 21, dibuktikan dengan koefisien korelasi 0,755 > 0,683, P = 0,05 dengan sumbangan efektif sebesar 18,1% dan X1 = 2,267. (2) terdapat pengaruh yang positif signifikan antara tantangan kepemimpinan kepala sekolah terhadap solusi kepemimpinan kepala SMKN di era Revolusi Industri 4.0 dan pembelajaran abad 21, dibuktikan dengan koefisien korelasi 0,848 > 0,683, P = 0,05 dengan sumbangan efektif sebesar 56,04% dan X2 = 0,117. (3) terdapat pengaruh yang positif antara profesionalisme dan tantangan kepemimpinan kepala sekolah terhadap solusi kepemimpinan kepala SMKN di era Revolusi Industri 4.0dan pembelajaran abad 21, dibuktikan dengan koefisien korelasi 0,861 > 0,683, P = 0,05 dengan sumbangan efektif sebesar 74,15% dan = -12,412 + 0,721 X1 + 0,784 X2.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: profesionalisme, kepemimpinan, kepala sekolah, industri, pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:27
Last Modified: 22 Jul 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64681

Actions (login required)

View Item View Item