KOMPETENSI PELATIH EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMP NEGERI SE-KOTAMADYA YOGYAKARTA

Andrawina, Vidini (2019) KOMPETENSI PELATIH EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMP NEGERI SE-KOTAMADYA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Vidini Andrawina NIM 15601244006.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelatih berperan penting dalam menunjang keberhasilan dari target awal dilaksanakannya kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pelatih ekstrakurikuler olahraga SMP Negeri se-Kotamadya Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian merupakan variabel tunggal yaitu kompetensi pelatih ekstrakurikuler olahraga. Populasi penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 siswa peserta ekstrakurikuler olahraga yang tersebar di SMP Negeri se-Kotamadya Yogyakarta. Instrumen penelitian adalah angket tertutup sebanyak 24 butir dengan empat alternatif pilihan jawaban “Selalu”, “Sering”, “Kadang-Kadang”, dan “Tidak Pernah”. Hasil uji coba seluruh butir adalah valid, koefisien korelasi semua item/ butir dengan skor total di peroleh hasil keseluruhan di atas “0,3”; angket juga reliabel karena pengujian keefisien reliabilitas instrumen hasilnya di atas keefisien reliabilitas minimal (0,71 > 0,6). Teknik pengumpulan data dengan peneliti menyebar angket dengan cara mendatangi tiap sekolah, untuk angket diisi secara langsung oleh siswa peserta esktrakurikuler olahraga. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa peserta ekstrakurikuler olahraga di SMP Negeri se-Kotamadya Yogyakarta dalam memberikan tanggapan/ penilaian mengenai kompetensi pelatihnya, untuk kategori “sangat baik” sebanyak 8 siswa atau sebesar 8 %; kategori “baik” sebanyak 21 siswa atau sebesar 21 %; kategori “sedang” sebanyak 35 siswa atau sebesar 35 %; kategori “kurang” sebanyak 32 siswa atau sebesar 32 %; dan kategori “kurang sekali” sebanyak 4 siswa atau sebesar 4 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi pelatih ekstrakurikuler olahraga SMP Negeri se-Kotamadya Yogyakarta adalah berkategori “Sedang/cukup baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pelatih, Ekstrakurikuler, Olahraga.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:44
Last Modified: 22 Jul 2019 07:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64676

Actions (login required)

View Item View Item