PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA PEMBELAJARAN PJOK DI KELAS RENDAH SD N SAWIT KABUPATEN BANTUL

Wakhidah, Siti Amirotun (2019) PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA PEMBELAJARAN PJOK DI KELAS RENDAH SD N SAWIT KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Siti Amirotun Wakhidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter kemandirian pada pembelajaran PJOK di kelas rendah SD N Sawit Kabupaten Bantul. Karakter mandiri merupakan sikap dan perilaku tidak bergantung pada orang lain dan memaksimalkan kemampuan diri untuk mencapai tujuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas rendah, guru kelas rendah, dan guru olahraga. Objek penelitian yaitu pendidikan karakter kemandirian yang dilaksanakan dalam pembelajaran khususnya pada materi PJOK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru olahraga dan guru kelas rendah telah membuat perencanaan pembelajaran yang di dalamnya juga memuat perencanaan pendidikan karakter serta perencanaan evaluasi yang akan dikumpulkan ke forum KKG, 2) kegiatan pembelajaran dilakukan berdasarkan RPP yang dibuat dan pendidikan karakter kemandirian diintegrasikan melalui kegiatan pembelajaran. Dalam pembelajaran PJOK, siswa kelas rendah telah menunjukkan karakter kemandirian melalui sikap tidak mudah mengandalkan orang lain, berani mencoba hal baru, memiliki semangat tinggi, dan kreatif serta telah berkembang pula karakter kerjasama, kejujuran, dan tanggung jawab 3) kegiatan evaluasi dilakukan melalui penilaian autentik yang dilakukan oleh guru kelas sementara guru olahraga hanya melakukan penilaian ketrampilan saja, 4) faktor yang memengaruhi pendidikan kemandirian adalah faktor eksternal berupa lingkungan rumah dan lingkungan pertemanan serta pembelajaran PJOK sementara faktor internal berupa kondisi fisik dan kecerdasan siswa. Kata kunci: Pendidikan karakter, karakter kemandirian, pembelajaran PJOK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2019 08:33
Last Modified: 22 Jul 2019 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64672

Actions (login required)

View Item View Item