UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JAGAMANGSAN 1 KECAMATAN BERBAH YOGYAKARTA

Sulistyowati, Alvika (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JAGAMANGSAN 1 KECAMATAN BERBAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alvika Sulistyowati.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memecahkkan masalah matematika melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada siswa kelas V SD Negeri Jagamangsan 1. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan guru sebagai pengajar dan peneliti sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Jagamangsan 1 dan objek penelitiannya adalah keterampilan memecahkkan masalah matematika. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengukur keterampilan memecahkan masalah matematika dengan menggunakan tes. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Teknik tes menggunakan instrumen lembar tes yang berupa soal essay yang berjumlah 5 butir. Sedangkan instrumen observasi menggunakan lembar observasi. Adapun data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan memecahkan masalah matematika melalui pembelajaran matematika realistik (PMR) pada siswa kelas V SD Negeri Jagamangsan 1. Peningkatan itu dapat dilihat dengan membandingkan nilai rata-rata dari hasil tes siswa sebelum diterapkan pembelajaran matematika realistik yaitu 46,1 dan setelah diterapkan pembelajaran matematika realistik serta diadakan evaluasi siklus pertama nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 64,6 dan terus meningkat pada siklus kedua menjadi 73,4. Peningkatan juga terjadi pada tingkat keaktifan siswa secara klasikal. Dengan demikian pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri Jagamangsan 1. Kata kunci: keterampilan memecahkan masalah matematika, Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), SD Negeri Jagamangsan 1.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2012 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6467

Actions (login required)

View Item View Item