PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SD GUGUS SIDOMULYO TAHUN AJARAN 2018/2019

Anggraini, Nurika (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA DAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V SD GUGUS SIDOMULYO TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nurika Anggraini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan model role playing terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas V SD segugus Sidomulyo, 2) pengaruh penggunaan model role playing terhadap karakter tanggung jawab siswa kelas V SD segugus Sidomulyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD segugus Sidomulyo yang berjumlah 5 SD. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive cluster random sampling. Sehingga diperoleh bahwa dalam penelitian ini SD Bunder 2 dijadikan sebagai kelas eksperimen dan SD Baran dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes pilihan ganda, angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing berpengaruh positif signifikan tehadap penguasaan konsep IPA. Selain itu, model role playing juga berpengaruh positif signifikan terhadap karakter tanggung jawab siswa. Kelas yang diajar menggunakan model role playing memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada kelas yang diajar menggunakan model ceramah bervariasi yaitu 83,33 > 56,52. Perolehan uji-t untuk penguasaan konsep IPA yaitu 5,613 dengan nlai sig. 0,000 < 0,05 dan hasil uji cohen sebesar 2,4. Sementara perolehan uji-t untuk karakter tanggung jawab siswa yaitu 2,207 dengan nilai sig. 0,038 < 0,05 dan uji cohen sebesar 0,9. Sementara, hasil observasi menunjukkan jika persentasi tanggung jawab siswa di kelas eksperimen adalah 100% sementara persentasi tanggung jawab siswa di kelas kontrol adalah 87,5%. Kata kunci: role playing, penguasaan konsep IPA, tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2019 06:39
Last Modified: 22 Jul 2019 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64668

Actions (login required)

View Item View Item