PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS WR SUPRATMAN KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO

Ayuningtyas, Diana (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS WR SUPRATMAN KECAMATAN KALIGESING KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Diana Ayuningtyas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap minat belajar; (2) mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar; dan (3) mengetahui pengaruh pemberian punishment terhadap minat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri se-Gugus WR Supratman Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo dengan total 116 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 90 siswa yang ditentukan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Skala psikologi ini diuji cobakan kepada 50 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan teknik expert judgement, sedangkan daya beda dihitung menggunakan rumus korelasi product moment, dan reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach dengan nilai R sebesar 0,7. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemberian reward dan punishment berpengaruh terhadap minat belajar dengan sumbangan sebesar 44,2%; (2) pemberian reward berpengaruh terhadap minat belajar siswa dengan sumbangan sebesar 34,23%; (3) pemberian punishment bepengaruh terhadap minat belajar siswa dengan sumbangan sebesar 9,97%; dan (4) hasil persamaan garis regresi adalah Y = 29,974 + 0,528X1 + 0,226X2. Kata kunci: reward, punishment, minat belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:43
Last Modified: 22 Jul 2019 04:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64663

Actions (login required)

View Item View Item