PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO PURWOREJO

Pangesti, Triana Ayu (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
TRIANA AYU PANGESTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar IPS siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan Numbered Head Together (NHT) pada kelas IV, 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kutoarjo Purworejo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest, non-equivalent multiple-groups design. Penelitian ini menggunakan 2 kelas eksperimen yaitu siswa kelas IV A dan kelas IV C SD Muhammadiyah Kutoarjo sejumlah 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Uji validitas menggunakan Pearson Correlation dan reliabilitas instrument menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Lavene Statistic. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik analisis Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu nilai rata-rata posttest sebesar 81,89 dan pada kelas menggunakan NHT yaitu nilai rata-rata posttest sebesar 74,54. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw dan NHT. Hal ini dibuktikan dari uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi pada Sig(2-tailed) sebesar 0,017 < 0,025 dengan taraf signifikansi 2,5%. Nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw lebih tinggi daripada menggunakan model NHT. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran jigsaw lebih baik daripada menggunakan model NHT. Kata kunci: hasil belajar. IPS, model Jigsaw, Model Numbered head Together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 22 Jul 2019 04:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64661

Actions (login required)

View Item View Item