KORELASI PERHATIAN ORANG TUA DALAM BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS RA.KATINI, KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA

Purnawati, Agustia (2012) KORELASI PERHATIAN ORANG TUA DALAM BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS RA.KATINI, KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Agustia Purnawati.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian orang tua dalam belajar siswa, motivasi belajar siswa serta korelasi perhatian orang tua dalam belajar siswa dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Se-Gugus RA.Kartini, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilaksanakan di SD Se-Gugus RA.Kartini, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga pada bulan Mei yang berjumlah 4 SD, dengan jumlah sampel 89 siswa. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Sebelum digunakan angket terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Instrumen dalam penelitian ini dikatakan valid jika r hitung > r tabel (0,433).Uji reliabilitas pada instrumen angket perhatian orang tua sebanyak 22 yang valid diperoleh koefisien Alpha (r11) sebesar 0,930. Sedangkan pada instrumen angket motivasi jumlah butir instrumen yang valid sebanyak 26 butir, diperoleh koefisien Alpha (r11) sebesar 0,936.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik depkriptif dan analisis korelasi product moment digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yang sebelumnya telah dilakukan pengujian prasyarat analisis terlebih dahulu dengan menggunakan uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian orang tua termasuk dalam kategori sedang dengan skor perhatian orang tua dalam belajar terdapat pada prosentase 59,55% dan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori sedang dengan skor terdapat pada prosentasi 79,77%. Sedangkan besarnya koefisien korelasi yang terjadi antara perhatian orang tua dalam belajar siswa dengan motivasi belajar dalam penelitian ini sebesar 0,426 sehingga dapat diberikan interpretasi bahwa hubungan yang terjadi dalam penelitian ini masuk dalam kategori sedang atau cukup. Karena r hitung > r tabel ( 0,426 > 0,213 ) maka analisis hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dalam proses belajar siswa dengan motivasi belajar siswa. Kata kunci : perhatian orang tua dalam proses belajar, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2012 00:16
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6466

Actions (login required)

View Item View Item