Widianto, Arief Satrio (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN PEMESINAN DASAR DI SMK N 1 PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
2 Judul s.d. Daftar Lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
10 ABSTRAK_Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mendukung Proses Pembelajaran Pemesin.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
3 BAB I Pendahuluan.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB II Kajian Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
5 BAB III Metode Penelitian.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf Download (955kB) | Preview |
|
|
Text
7 BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
8 daftar pustaka.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
9 LAMPIRAN.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui tahapan/alur yang digunakan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran interaktif yang dioperasikan melalui smartphone dan komputer, dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan software Adobe Flash untuk mendukung pembelajaran Pemesinan Dasar yang di SMK N 1 Purworejo Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian yang digunakan adalah mengetahui potensi dan masalah yang berkaitan dengan media pembelajaran, melakukan pengumpulan data terkait potensi dan masalah tersebut, desain produk yang akan dikembangkan, validasi desain dengan ahli materi dan ahli media untuk mengetahuni penilaian kelayakan, revisi desain sesuai masukan validator, uji coba lapangan dengan responden 61 siswa kelas X Teknik Pemesinan, revisi produk, dan produksi produk. Responden untuk penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa. Data penelitian didapatkan menggunakan kuesioner/angket. Data kemudian dianalisis secara diskriptif kuantitatif skala 4 menggunakan tabel konversi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif tahapan yang perlu dilakukan adalah mengetahui motensi dan masalah, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba, revisi, produksi masal. (2) tingkat kelayakan media menurut ahli materi diperoleh skor 3,94 dengan kriteria sangat baik, dari ahli media diperoleh skor 3,65 dengan kriteria sangat baik, dan data uji coba lapangan dengan responden siswa dari aspek tampilan diperoleh skor rerata 3,48 dengan kriteria sangat baik, aspek materi diperoleh skor rerata 3,59 dengan kriteria sangat baik, serta dari aspek kemanfaatan diperoleh skor 3,42 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran kompetensi pemesinan dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian pengembangan, media pembelajaran, pemesinan dasar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 03:10 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 03:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64653 |
Actions (login required)
View Item |