UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEGO PECAHAN (GOPEC) PADA SISWA KELAS III SD N 1 BESUKI KABUPATEN WONOSOBO

Setyobudi, Bernardinus Adhe (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEGO PECAHAN (GOPEC) PADA SISWA KELAS III SD N 1 BESUKI KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
BERNARDINUS ADHE SETYOBUDI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui media pembelajaran Lego Pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Besuki, Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Besuki, Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 16 siswa putra dan 11 siswa putri. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai 72, skor aktivitas siswa yang diperoleh lebih dari 85% dengan klasifikasi sangat baik, serta terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Lego Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretes yang tuntas sebanyak 7 siswa (25,92%), peningkatan dari pra tindakan ke siklus I adalah 44,48%. Kemudian peningkatan hasil tes kemampuan menyelesaikan soal siklus I dan siklus II sebesar 22% yakni sebanyak 15 siswa (70,4%) menjadi 25 siswa (92,5%) yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 27. Nilai rata-rata pretes dan siklus I mengalami peningkatan sebesar 15.29 yaitu dari 59,96 menjadi 75,25. siklus I dan Siklus II sebanyak 15 siswa (70,4%) menjadi 25 siswa (92,5%), dengan peningkatan rata-rata hasil belajar yaitu 12,35 dari 75,25 menjadi 87,6. Peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara (1) melakukan pembelajaran menggunakan media Lego baik secara berkelompok maupun individu, (2) melalui diskusi kelas, serta (3) melalui latihan soal dan evaluasi pembelajaran. Kata kunci: media lego pecahan, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:05
Last Modified: 22 Jul 2019 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64641

Actions (login required)

View Item View Item