PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Wijiati, Suci and Yusman, Wiyatmo (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep yang layak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik aspek kognitif pada materi usaha dan energi; (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika peserta didik SMA pada materi usaha dan energi yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep; dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar materi pokok usaha dan energi peserta didik SMA aspek kognitif yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D. Tahap awal model 4D adalah define yaitu untuk menganalisis masalah. Tahap design merupakan tahap untuk merancang media LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep dan instrumen penelitian. Tahap develop merupakan tahap untuk menghasilkan media LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Kelayakan media LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep dilihat dari skor validasi menggunakan Sbi. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada 10 peserta didik kelas X MIPA 4 MAN 1 Yogyakarta dan uji coba lapangan pada 20 peserta didik kelas X MIPA 3 MAN 1 Yogyakarta. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dilihat dari nilai standard gain motivasi belajar peserta didik, sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai standard gain hasil belajar peserta didik. Tahap disseminate merupakan tahap penyebarluasan media LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep dengan kategori sangat baik dan layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik; (2) peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,016 dengan kategori rendah; dan (3) peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis PBL berbantuan peta konsep ditunjukkan dengan nilai standard gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, peta konsep, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 24 Jul 2019 06:42
Last Modified: 24 Jul 2019 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64638

Actions (login required)

View Item View Item