UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SINDUADI 2 KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Hayati, Hanifah Nurul (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS I SD NEGERI SINDUADI 2 KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Hanifah Nurul Hayati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca permulaan, dan (2) meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Sinduadi 2. Keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Sinduadi 2 ditingkatkan menggunakan media flash card. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Sinduadi 2 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan membaca permulaan dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card pada pembelajaran membaca permulaan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Sinduadi 2. Peningkatan kualitas proses ditunjukkan berdasarkan catatan lapangan selama proses tindakan berlangsung. Fokus dan keaktifan siswa yang semula kurang tampak pada saat pra siklus menjadi semakin baik pada siklus I dan siklus II. Peningkatan hasil ditunjukkan dari pencapaian nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata kelas membaca permulaan pada pra siklus sebesar 68,8 menjadi 75,1 pada siklus I, dan meningkat menjadi 83,95 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa pada pra siklus sebesar 35% meningkat menjadi 55% pada siklus I, dan mencapai 80% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diketahui bahwa kriteria keberhasilan penelitian ini telah tercapai pada siklus II. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media flash card.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jul 2019 04:36
Last Modified: 18 Jul 2019 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64633

Actions (login required)

View Item View Item