PERBEDAAN KETEPATAN PUKULAN START DARI SISI SAMPING KANAN DAN SISI SAMPING KIRI GATE PADA PERMAINAN GATEBALL PESERTA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 3 PLERET KABUPATEN BANTUL

Rani, Erin Mei (2019) PERBEDAAN KETEPATAN PUKULAN START DARI SISI SAMPING KANAN DAN SISI SAMPING KIRI GATE PADA PERMAINAN GATEBALL PESERTA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 3 PLERET KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi Erin Mei Rani NIM 15601241060.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ketepatan pukulan start dari sisi samping kanan dan pukulan start dari sisi samping kiri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler gateball di SMP Negeri 3 Pleret Kabupaten Bantul. Peneltian ini merupakan penelitian komparatif, metode yang digunakan menggunakan tes. Teknik pengumpulan data berupa tes ketepatan pukulan start dari sisi samping kanan dan sisi samping kiri. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa anggota ekstrakurikuler gateball SMP Negeri 3 Pleret yang berjumlah 20 siswa. Analisis data ini menggunaka uji T satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan adaperbedaan yang signifikan antara kemampuan pukulan start dari sisi kanan dan pukulan start dari sisi kiri siswa yang mengikuti ekstrakurikuler gateball SMP Negeri 3 Pleret Kabupaten Bantul. Perbedaan ini ditunjukkan dari nilai t hitung sebesar 2.517 > t tabel 2.093 atau nilai sig = 0.021 < taraf kesalahan 0.05 (5%). Nilai rata-rata skor yang dihasilkan pukulan start dari sisi samping kiri sebesar 2.4 dan nilai rata-rata skor yang dihasilka pukulan start dari sisi samping kanan sebesar 2.15. dengan demikian Ha yang berbunyi ada perbedaan yang signifikan antara pukulan start dari sisi samping kanan dan sisi samping kiri gate pada permainan gateball peserta siswa ekstrakurikuler SMP Negeri 3 Pleret Kabupaten Bantul diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pukulan start sisi kanan, pukulan start sisi kiri, ekstrakurikuler, gateball
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jul 2019 07:01
Last Modified: 17 Jul 2019 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64621

Actions (login required)

View Item View Item