UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MENGGUNAKAN PERMAINAN KOOPERATIF DI TK KK LKMD KUWON BAMBANGLIPURO BANTUL

Susanti, Susanti (2012) UPAYA MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MENGGUNAKAN PERMAINAN KOOPERATIF DI TK KK LKMD KUWON BAMBANGLIPURO BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Susanti.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak di TK KK LKMD Kuwon menggunakan permainan kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian adalah anak TK KK LKMD Kuwon Bambang Lipuro Bantul, sebanyak jumlah 22 anak didik, terdiri dari 10 perempuan dan 12 laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni panduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan kooperatif dapat meningkatkan perilaku disiplin anak TK KK LKMD Kuwon Bambanglipuro Bantul. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dicapai pada pelaksanaan siklus I, diperoleh hasil yaitu pada indikator datang ke sekolah dengan tepat waktu meningkat sebesar 12,2%, tertib dalam berbaris meningkat sebesar 4,5%, membuang sampah pada tempatnya meningkat sebesar 15,1%, mampu mentaati aturan permainan meningkat sebesar 22,7%, mampu menyelesaikan tugas sampai selesai meningkat sebesar 16,6%, dan indikator mampu merapikan mainan setelah selesai bermain meningkat sebesar 18,2%. Hasil siklus II, diperoleh peningkatan data sebagai berikut: pada indikator datang ke sekolah tepat waktu diperoleh peningkatan sebesar 15,2%, pada indikator tertib dalam berbaris diperoleh peningkatan sebesar 16,7%, pada indikator membuang sampah pada tempatnya diperoleh peningkatan sebesar 21,3%, pada indikator mampu menaati aturan permainan diperoleh peningkatan sebsesar 25,8%, pada indikator mampu menyelasaikan tugas sampai selesai diperoleh peningkatan sebesar 25,9%, pada indikator mampu merapikan mainan setelah selesai bermain diperoleh peningkatan sebesar 21,2%. Berdasarkan hasil tersebut, maka indikator keberhasilan yang ditetapkan sudah tercapai yaitu 80% jumlah siswa mencapai kriteria baik. Kata kunci : kedisiplinan anak, permainan kooperatif, TK KK LKMD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 03 Oct 2012 00:30
Last Modified: 29 Jan 2019 16:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6462

Actions (login required)

View Item View Item