KOMPETENSI LULUSAN SMK TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI YANG DIBUTUHKAN INDUSTRI JASA KONSTRUKSI BIDANG PELAKSANAAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Suryatman, Suryatman (2019) KOMPETENSI LULUSAN SMK TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI YANG DIBUTUHKAN INDUSTRI JASA KONSTRUKSI BIDANG PELAKSANAAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Bab I.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (789kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi lulusan SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti yang dibutuhkan oleh industri jasa konstruksi bidang pelaksana konstruksi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampel digunakan purposive sampling, yang terdiri dari industri jasa konstruksi bidang pelaksana konstruksi dengan klasifikasi kelas K3 sampai dengan kelas B2. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 15 orang responden yang berasal dari 15 industri jasa konstruksi bidang pelaksanaan di DIY. Validitas instrumen penelitian diperoleh melalui expert judgment yang dilakukan oleh dua dosen ahli. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket tertutup dan angket terbuka yang dilaksanakan pada bulan Mei 2019. Uji reliabilitas dengan menggunakan metode Cronbach’s Alpha diperoleh hasil sebesar 0,955. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan tendensi sentral rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata masing-masing kelompok kompetensi personal, kompetensi pengetahuan dasar, dan kompetensi kerampilan kerja berturut-turut adalah 86,48% (sangat dibutuhkan), 84,63% (sangat dibutuhkan), dan 80,93% (sangat dibutuhkan). Secara keseluruhan nilai persentase kompetensi lulusan SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti sebesar 84,01% (sangat dibutuhkan), dengan 30 kompetensi dalam kategori “sangat dibutuhkan”, 14 kompetensi dalam kategori “dibutuhkan”, dan 1 kompetensi untuk kategori “kurang dibutuhkan”, serta tidak ada satupun yang masuk kategori “tidak dibutuhkan” oleh industri jasa konstruksi bidang pelaksana konstruksi di DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, kebutuhan industri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 17 Jul 2019 01:38
Last Modified: 17 Jul 2019 01:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64617

Actions (login required)

View Item View Item