SUBSTITUSI TEPUNG SORGUM PADA PEMBUATAN GUMCHOPA (SORGUM CHOUX PASTE JAGUNG VLA) SEBAGAI MAKANAN INOVASI BERBASIS SEREALIA

Shilhy, Firoh (2019) SUBSTITUSI TEPUNG SORGUM PADA PEMBUATAN GUMCHOPA (SORGUM CHOUX PASTE JAGUNG VLA) SEBAGAI MAKANAN INOVASI BERBASIS SEREALIA. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover - Daftar tabel.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan proyek akhir ini adalah: (1) Menemukan resep produk Gumchopa (Sorgum Choux Paste jagung vla). (2) Mengetahui penerimaan masyarakat terhadap produk choux paste dengan substitusi tepung sorgum, (3) Menentukan nilai gizi dari produk Gumchopa (Sorgum Choux Paste jagung vla). Peneltian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian 4D yaitu Define, Design, Development dan Dissemination. Define adalah tahap menentukan resep acuan. Design adalah tahap modifikasi resep acuan. Development adalah tahap validasi serta tahap pengujian penerimaan produk pengembangan dan acuan oleh 30 panelis semi terlatih kemudian melakukan uji proksimat untuk menentukan nilai gizi dari produk pengembangan. Dissemination adalah tahap mengimplementasikan produk yang telah melalui tahap validasi dan dipamerkan pada saat pameran oleh 80 panelis tidak terlatih. Tempat dan waktu penelitian yaitu di Laboratorium Boga Jurusan Universitas Negeri Yogyakarta, Laboratorium Kimia Universitas Negeri Yogyakarta, Laboratorium Pratama Chemik dan Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari- April 2019. Bahan pengujian berupa sampel dari masing- masing produk acuan dan produk pengembangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dan uji t- test. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah (1) Formula yang tepat untuk pembuatan Gumchopa dengan substitusi tepung sorghum sebesar 25% dan jagung sebesar 100%. Teknik olah produk gumchopa adalah boiling dan baking. Gumchopa (sorgum choux paste jagung vla) disajikan dengan vla jagung dengan topping almond (2) Penerimaan produk gumchopa (sorgum choux paste jagung vla) oleh 30 panelis semi terlatih dengan pengujian T- test menunjukkan bahwa “disukai” baik segi rasa, warna, aroma, teksture serta keseluruhan dan penerimaan produk oleh 80 orang panelis tidak terlatih menunjukkan “sangat disukai” (3) Dalam 1 buah gumchopa dengan berat 100g terdapat energy total sebesar 265 kal, lemak total sebesar 23 g, protein sebesar 6 g dan karbohidrat total sebesar 10 g.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan tepung sorgum, jagung manis, Gumchopa (sorgum choux paste jagung vla)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 16 Jul 2019 08:07
Last Modified: 16 Jul 2019 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64609

Actions (login required)

View Item View Item