PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MEMBACA TERBIMBING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA

Iswardhani, RR. Aprivia Kapitania (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MEMBACA TERBIMBING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI BACIRO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Alviadesti Fitriana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca permulaan, dan 2) meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Baciro tahun ajaran 2018/2019. Keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Baciro ditingkatkan melalui metode membaca terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Baciro Yogyakarta yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan metode membaca terbimbing dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca permulaan, dan 2) penerapan metode membaca terbimbing dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan proses dapat dilihat dari hasil observasi yang tercatat dalam catatan lapangan selama tindakan, yaitu keaktifan dan fokus siswa meningkat ketika mengikuti pembelajaran. Peningkatan hasil dapat dilihat dari pencapaian nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata membaca permulaan pada pratindakan sebesar 62,52 menjadi 66,17 pada siklus I, dan meningkat menjadi 75,71 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam membaca permulaan pada pratindakan sebesai 19,05% meningkat 47,62% pada siklus I, kemudian mencapai 95,24% pada siklus II. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, metode membaca terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:24
Last Modified: 18 Jul 2019 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64599

Actions (login required)

View Item View Item