UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN BUKU CETAK BERWARNA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GADINGAN KULON PROGO

Fitriana, Alviadesti (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN BUKU CETAK BERWARNA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI GADINGAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Alviadesti Fitriana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui buku cetak berwarna pada siswa kelas V di SD Negeri Gadingan Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisi data menggunakan kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku cetak berwarna dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata pada siklus pertama yang mencapai 63,33% (19 siswa ≥ KKM) dan 90% (27 siswa ≥ KKM) pada siklus kedua. Kata Kunci: hasil belajar IPS, buku cetak berwarna

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:48
Last Modified: 16 Jul 2019 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64596

Actions (login required)

View Item View Item