PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Demonika, Shelvia Devi (2019) PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Shelvia Devi Demonika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Alasan dilakukan penelitian ini adalah adanya masalah mengenai kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap kepatuhan dalam melaksanakan tata tertib pada siswa kelas V sekolah dasar se-kecamatan Umbulahrjo Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Umbulharjo yang berjumlah 265 siswa dan sampel penelitian berjumlah 192 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala dengan empat pilihan jawaban. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah, ditunjukkan dengan nilai sig sebesar 0,031 dan r2 sebesar 0,016. Semakin baik kondisi lingkungan keluarga maka kepatuhan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah semakin tinggi juga. Kata kunci: Kepatuhan melaksanakan Tata Tertib, Kondisi Lingkungan Keluarga

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:37
Last Modified: 16 Jul 2019 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64595

Actions (login required)

View Item View Item