HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL

Diyanto, Yossi Atmaja (2019) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA DENGAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
YOSSI ATMAJA DIYANTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan konsep diri dengan kemampuan interpersonal, (2) hubungan penerimaan teman sebaya dengan kemampuan interpersonal, (3) hubungan konsep diri dan penerimaan teman sebaya dengan kemampuan interpersonal pada siswa kelas V SD Negeri sekecamatan Pajangan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan studi korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar negeri se-Kecamatan Pajangan, dengan jumlah populasi sebanyak 390 siswa. Sampel peneliltian yang digunakan sebanyak 186 siswa ditentukan dengan menggunakan tabel Issac dan Michael, selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan mengunakan instrumen skala psikologi. Uji validitas yang digunakan menggunakan uji validitas konstruk, instrument dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli (expert judgment) kemudian diujicobakan pada responden dan dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, heterosedastisitas dan multikoleniaritas. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) konsep diri sebagian besar (76,34%) termasuk kategori sedang, penerimaan teman sebaya (67,20%) termasuk kategori sedang, dan kemampuan interpersonal (77,96%) termasuk kategori sedang, (2) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan kemampuan interpersonal (r:0,506, p:0,00); (3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara peneriman teman sebaya dengan kemampuan interpersonal (r:0,502, p:0,00);(4) terdapat korelasi yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara konsep diri dan penerimaan teman sebaya dengan kemampuan interpersonal (R:0,563, p:0,00). Kata kunci : konsep diri, penerimaan teman sebaya, kemampuan interpersonal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jul 2019 03:53
Last Modified: 16 Jul 2019 03:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64591

Actions (login required)

View Item View Item