Nuryani, Nuri Dwi (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN SAINS KELOMPOK A DI TK DLABAN-PONGANGAN SENTOLO, KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Nuri Dwi.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan sains pada kelompok A TK ABA Dlaban-Pongangan, Sentolo, Kulon Progo semester II tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK ABA Dlaban-Pongangan, dengan jumlah anak 20 terdiri dari 8 putra dan 12 putri. Objek penelitian berupa kemampuan kognitif anak meliputi, mengkreasikan sesuatu berdasarkan idenya, mengenal benda berdasarkan fungsinya dan mengenal gejala sebab-akibat terjadinya sesuatu. Kegiatan pembelajaran kemampuan kognitif melalui permainan sains. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat meningkat melalui permainan sains. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada kemampuan mengkreasikan sesuatu dengan idenya sendiri dari 35% meningkat 76,67%, kemampuan mengenal benda berdasarkan fungsinya dari 45% meningkat menjadi 81,67% dan kemampuan mengenal gejala sebab-akibat dari kejadian dari 25% meningkat 80%. Kata kunci : kemampuan kognitif, permainan sains
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 03 Oct 2012 00:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6459 |
Actions (login required)
View Item |