UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI KARANGNONGKO 1, KECAMATAN KALASAN, KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019

Yofangka, Frida Hardiyati (2019) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI KARANGNONGKO 1, KECAMATAN KALASAN, KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Frida Hardiyati Yofangka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskribsikan proses peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan berbicara, dan (2) mendeskribsikan proses dan hasil keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada siswa kelas V SD Negeri Karangnongko 1 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangnongko 1, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan catatan lapangan dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Karangnongko 1. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan proses ditunjukkan melalui catatan lapangan yang dilakukan selama tindakan, yakni siswa menjadi antusias dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Peningkatan hasil dapat dilihat dari pencapaian nilai rata-rata keterampilan berbicara yang mengalami peningkatan dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata keterampilan berbicara pada pra tindakan sebesar 55,44 menjadi 64,08 pada siklus I dan meningkat menjadi 74,42 pada siklus II. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam keterampilan berbicara pada pra tindakan sebesar 0% meningkat menjadi 13,89% pada siklus I, dan mencapai 83,33% pada siklus II. Kata kunci: keterampilan berbicara, model pembelajaran kooperatif tipe time token

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:17
Last Modified: 18 Jul 2019 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64588

Actions (login required)

View Item View Item