IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMBATIK DI SD NEGERI GADINGAN

Siwi, Aprilia Mahri Anggoro (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMBATIK DI SD NEGERI GADINGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Aprilia Mahri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler membatik di SD Negeri Gadingan. Aspek yang diteliti meliputi nilai-nilai yang terdapat dalam ekstrakurikuler membatik di SD Negeri Gadingan Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pengampu, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di SD Negeri Gadingan sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Peraturan Bupati Nomor 65 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Pengelolaan ekstrakurikuler membatik mulai dari 1) perencanaan dilakukan setiap awal tahun pelajaran baru pada bulan Juli. Hal yang direncanakan meliputi, tujuan, guru pengampu, jadwal, rencana program kegiatan, sarana dan prasarana, dana pendukung dan metode. 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler membatik berupa kualifikasi guru pengampu, teoritik, praktek, hasil karya siswa dan pemanfaatan hasil karya siswa. 3) Evaluasi pembelajaran dan penilaian dilakukan guru pengampu secara sumatif dan formatif. Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam kegiatan ekstrakurikuler membatik meliputi nilai karakter religius, nasioalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Kendala dari implementasi nilai-nilai karakter pada kegiatan ekstrakurikuler membatik adalah kurangnya sikap disiplin siswa, siswa masih kesulitan dalam mengaplikasikan canting dan rendahnya tanggungjawab siswa dalam pemeliharaan alat dan bahan. Solusi yang digunakan adalah dengan cara menegur atau memberi nasihat kepada siswa. Kata kunci : sekolah dasar, nilai karakter, ekstrakurikuler membatik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jul 2019 04:17
Last Modified: 18 Jul 2019 04:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64586

Actions (login required)

View Item View Item