UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JLABAN KULON PROGO

Hardina, Sri (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JLABAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Sri Hardina.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Jlaban, Kulon Progo Tahun Ajaran 2018/2019 melalui model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Jlaban, Kulon Progo yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 11 siswa putra dan 13 siswa putri. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun kriteria keberhasilan adalah minimal 90% dari jumlah siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai 76, skor aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 85% dengan klasifikasi sangat baik, serta terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Jlaban, Kulon Progo. Hasil observasi pada siklus I dan II menunjukkan peningkatan partisipasi aktif guru dari 77% hingga mencapai 91%. Sedangkan, peningkatan partisipasi aktif siswa pada siklus I ke siklus II dari 72% menjadi 89%. Peningkatan hasil tes kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siklus I dan siklus II sebesar 25% yakni sebanyak 16 siswa (67%) menjadi 22 siswa (92%) yang mencapai nilai KKM dari jumlah siswa seluruhnya yaitu 24. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 6,4 yaitu dari 75,6 menjadi 82. Kata kunci: model teams games tournaments, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:05
Last Modified: 16 Jul 2019 04:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64585

Actions (login required)

View Item View Item