PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MOYUDAN

Ningrum, Retno Wulan Kartika (2019) PENGARUH KETERAMPILAN MENGELOLA KELAS TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN MOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Retno Wulan Kartika Ningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengelola kelas terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Moyudan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Moyudan sejumlah 245 siswa dengan sampel sebanyak 152 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan mengelola kelas dan kedisiplinan belajar. Uji validitas yang digunakan adalah uji validitas konstruksi. Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan mengelola kelas terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Moyudan, terbukti dari persamaan regresi Y = 41,675 + 0,506 X dengan nilai R square sebesar 0,506 dan t hitung sebesar 7,180. Keterampilan mengelola kelas berpengaruh sebesar 25,6% terhadap kedisiplinan belajar siswa, sedangkan 74,4% dipengaruhi oleh faktor lain, terbukti dari nilai R square sebesar 0,256. Kata kunci: keterampilan mengelola kelas, kedisiplinan belajar, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jul 2019 03:36
Last Modified: 16 Jul 2019 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64582

Actions (login required)

View Item View Item