Wardani, Putri Winsi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KUBUS “PAK RANDO” PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD N BACIRO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
PUTRI WINSI WARDANI.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Media Puzzle Kubus “PAK RANDO” yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall (1989) melalui sembilan tahap yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain produk, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah sejumlah 12 siswa kelas IV SD Juara Yogyakarta sebagai subjek uji coba produk dan sejumlah 28 siswa kelas IV SD N Baciro Yogyakarta sebagai subjek uji coba pemakaian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Puzzle Kubus “PAK RANDO” dapat dinyatakan layak sebagai media yang dikembangkan. Hasil validasi materi terakhir memperoleh skor rata-rata 4,69 dengan kriteria “sangat baik”, sedangkan hasil validasi media terakhir memperoleh skor rata-rata 5 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil dari uji coba produk memperoleh skor rata-rata 4,73 dengan kriteria “sangat baik” dan uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 4,61 dengan kriteria “sangat baik”. Kata kunci: pengembangan media, puzzle kubus
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 16 Jul 2019 03:30 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 01:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |