PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PERMAINAN KLIPING GAMBAR DI TK ABA SURONANDAN SENDANGREJO MINGGIR SLEMAN

Siwi, Anisa Prima (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PERMAINAN KLIPING GAMBAR DI TK ABA SURONANDAN SENDANGREJO MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Anisa Prima.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak melalui permainan kliping gambar di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Suronandan Sendangrejo Minggir Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan siklus spiral. Subjek penelitian ini adalah anak TK ABA Suronandan, sejumlah 22 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes berbicara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Peningkatan keterampilan berbicara dikatakan berhasil apabila 80% dari 22 jumlah anak telah mencapai indikator keterampilan berbicara pada kriteria baik dengan hasil nilai rata-rata mencapai ≥7,50. Pembelajaran melalui permainan kliping gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak di TK ABA Suronandan. Peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 1,71 dari kondisi awal 6,45 meningkat menjadi 8,16. Peningkatan keterampilan berbicara pada siklus II sebesar 3,00 dari kondisi awal 6,45 meningkat menjadi 9,45. Kata kunci: keterampilan berbicara, permainan kliping gambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 02 Oct 2012 07:58
Last Modified: 29 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6458

Actions (login required)

View Item View Item