PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JLABAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2018/2019

Sari, Arinda Pratama (2019) PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JLABAN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Arinda Pratama Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD Negeri Jlaban, Sentolo, Kulon Progo. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat membantu memperbaiki kegiatan pembelajaran di kelas menjadi lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Satu kelas terdiri dari 26 siswa dan hanya 21 siswa yang menjadi subjek penelitian dikarenakan 5 siswa diantaranya gugur sejak pertemuan pertama di siklus I. Data konsentrasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawanca Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi belajar siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Dengan hasil pada siklus I menunjukan persentase konsentrasi belajar siswa sebesar 48,68% dan berada pada kategori sedang. Hal tersebut ditandai dengan siswa sudah mengikuti pembelajaran dengan baik, mengerjakan tugas kelompok tetapi tidak begitu terlibat dalam diskusi. Pada siklus II, perbaikan yang dilakukan dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan persentase sebesar 82,97% dan berada pada kategori sangat tinggi yang ditandai dengan siswa sudah mengikuti pembelajaran dengan baik, mengerjakan tugas kelompok dan terlibat dalam diskusi serta memperhatikan penjelasan guru dengan baik. Persentase tersebut telah mencapai indikator keberhasilan > 80%, sehingga tindakan dihentikan pada siklus II. Kata kunci: Konsentrasi belajar, Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jul 2019 03:25
Last Modified: 16 Jul 2019 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64579

Actions (login required)

View Item View Item