PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Muthoharoh, Ani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP KARAKTER DEMOKRATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
ANI MUTHOHAROH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada pembelajaran PPKn terhadap karakter demokratis siswa kelas V Sekolah Dasar N Pacar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group desain. Penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu karakter demokatis siswa dan variabel bebasnya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pacar, yang berjumlah 44 siswa dan terdiri dari dua kelas. Kelas VA berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol, dan kelas VB 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dan observasi. Data hasil penelitian disajikan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Teknik analisis data menggunakan uji mean hasil posttest kelas eksperimen dan kelompok kontrol, uji N-Gain dan uji T-Test (uji t) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang signifikan terhadap karakter demokratis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji mean menunjukkan mean posttest kelas eksperimen lebih besar dari mean posttest kelompok kontrol (98,91 >89,10) dengan selisih 9,81. Sedangkan hasil uji N-Gain menunjukkan N-Gain score kelas eksperimen lebih besar daripada N-Gain score kelompok kontrol (0,362>0,131). Hal ini didukung dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel (3,947 > 2,08596), dengan nilai signifikansi sebesar lebih kecil dari taraf sifnifikansi 0,05 (0,000<0.05). Kata Kunci: group investigation, karakter demokratis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Jul 2019 03:15
Last Modified: 16 Jul 2019 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64578

Actions (login required)

View Item View Item