FENOMENA SISWA PASIF KELAS X DALAM PEMBELAJARAN RENANG DI SMA N 1 MAJENANG

Ginanjar, Afan (2019) FENOMENA SISWA PASIF KELAS X DALAM PEMBELAJARAN RENANG DI SMA N 1 MAJENANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AFAN FULL.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang alasan siswa kelas X memilih bersikap pasif dalam pembelajaran renang di SMA N 1 Majenang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Majenang. Penentuan subjek penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa pasif kelas X, siswa aktif kelas X, dan Guru PJOK dalam pembelajaran renang di SMA N 1 Majenang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi siswa kelas X di SMA N 1 Majenang memilih bersikap pasif dalam pembelajaran renang, yaitu: (1) kemampuan gerak renang kurang baik; (2) pengalaman buruk yang membekas terhadap renang; (3) motivasi rendah dalam mengikuti pembelajaran renang; (4) kesehatan yang kurang baik. Berdasarkan faktor internal, terdapat 3 tipe pasif siswa kelas X di SMA N 1 Majenang, yaitu: (1) pasif yang sopan; (2) pasif terselubung; (3) pasif disengaja. Faktor eksternal yang mempengaruhi siswa kelas X d SMA N 1 Majenang memilih bersikap pasif dalam pembelajaran renang, yaitu: (1) komunikasi kurang baik antar sesama siswa; (2) pengaruh teman untuk tidak mengikuti pembelajaran renang; (3) orang tua yang tidak mengijinkan; (4) materi pengganti/tugas lebih dipilih siswa; (5) fasilitas kolam renang kurang mendukung; (6) kurang penggunaan alat bantu dalam proses pembelajaran renang. Berdasarkan faktor eksternal, terdapat 1 tipe siswa pasif kelas X dalam pembelajaran renang di SMA N 1 Majenang yaitu tipe pasif yang disengaja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Siswa Pasif Kelas X, Pembelajaran Renang, SMA N 1 Majenang
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Jul 2019 03:08
Last Modified: 12 Jul 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64547

Actions (login required)

View Item View Item