HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEMAMPUAN BEREMPATI ANAK KELOMPOK B DI TK se-GUGUS II KECAMATAN TEMPEL

Ajeng Putri, Pradevi (2019) HUBUNGAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEMAMPUAN BEREMPATI ANAK KELOMPOK B DI TK se-GUGUS II KECAMATAN TEMPEL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget dengan kemampuan berempati anak. Adapun indikator pengawasan orang tua terdiri dari batasan terhadap penggunaan gadget dan pendampingan aktivitas penggunaannya. Sedangkan indikator kemampuan berempati dalam penelitian ini adalah adanya sikap tenggang rasa, penuh pengertian dan peduli sesama pada diri anak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 105 orang tua anak kelompok B di TK se-Gugus II Kecamatan Tempel yang memiliki setidaknya satu perangkat gadget dan mengizinkan anak untuk menggunakan perangkat tersebut. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data untuk mengukur tingkat pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget maupun tingkat kemampuan berempati anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson dengan bantuan Computer Program SPSS Seri 25.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat hubungan yang positif antara pengawasan orang tua dalam penggunaan gadget dengan kemampuan berempati anak sebesar 0,491>0,05. Dari 105 orang tua, terdapat 53 orang tua (50,50%) berada pada kategori pengawasan yang sangat tinggi, 45 orang tua (42,90%) berada pada kategori tinggi, sebanyak 6 orang tua (5,70%) pada kategori cukup, dan 1 orang tua (1,00%) berada pada kategori pengawasan yang rendah. Sedangkan kemampuan berempati anak mayoritas berada pada kategori tinggi yakni sebanyak 66 anak (62,90%), pada kategori sangat tinggi sebanyak 29 anak (27,60%), kategori cukup sebanyak 10 anak (9,50%), dan tidak terdapat anak yang memiliki tingkat kemampuan berempati yang rendah. Kata Kunci: pengawasan gadget, kemampuan berempati, anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 12 Jul 2019 03:52
Last Modified: 12 Jul 2019 03:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64546

Actions (login required)

View Item View Item