PENGARUH LATIHAN SPEED, AGILITY DAN BALL FEELING TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PEMAIN AKADEMI PUTRI BINANGUN KU 17 TAHUN DI KULON PROGO

Wibisono, Handoko (2019) PENGARUH LATIHAN SPEED, AGILITY DAN BALL FEELING TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA PEMAIN AKADEMI PUTRI BINANGUN KU 17 TAHUN DI KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
HW-Full TAS new.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ekperimen pretest-posttest design yang memiliki tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan speed, agility dan ball feeling terhadap kemampuan mengiring bola pada pemain Akademi Putri Binangun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel diambil berdasarkan atas adanya pertimbangan yang berfokus pada tujuan tertentu. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa Akademi Putri Binangun KU 17 yang memiliki kemampuan teknik dasar rendah berjumlah 20 siswi. Siswi Akademi Putri Binangun melakukan pre test pada awal penelitian. Setelah pre test, treatment latihan speed, agility dan ball feeling dilakukan sebanyak 16 kali dilanjutkan dengan post test. Hasil pre test dan post test kemudian dianalisis untuk mengetahui pengaruh treatment yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan latihan speed dan agility terhadap keterampilan menggiring bola Siswi Akademi Putri Binangun KU 17 tahun, dengan hasil uji t diperoleh mean pre test 17,47 detik dan post test 16,65 detik dan nilai p(0,031). Selain itu terdapat pengaruh signifikan latihan ball feeling terhadap keterampilan menggiring bola Siswi Akademi Putri Binangun KU 17 tahun, dengan hasil analisis uji t mean pre test 17,34 detik dan post test 15,48 detik sedangkan hasil nilai p (0,06)>0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pretest-posttest design, speed, agility, ball feeling, pre test dan post test
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Jul 2019 08:21
Last Modified: 11 Jul 2019 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64537

Actions (login required)

View Item View Item