PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 2 SMA N 1 PAKEM

Hati, Arrum Permata (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 2 SMA N 1 PAKEM. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA 2 SMA N 1 Pakem yang efektif, (2) Mengetahui peningkatkan motivasi belajar fisika dengan penerapan model pembelajaran TGT peserta didik kelas X MIPA 2 SMA N 1 Pakem, (3) mengetahui peningkatkan hasil belajar fisika dengan penerapan model pembelajaran TGT peserta didik kelas X MIPA 2 SMA N 1 Pakem. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik tes, angket, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi soal pretest/posttest, angket, dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan langkah-langkah penyajian kelas menggunakan media yang menarik, berdiskusi dengan teman sekelompok mengerjakan LDPD, mengikuti turnamen menggunakan kartu fisika dengan jumlah peserta maksimal 4 orang, dan pemberian reward untuk peserta didik atau kelompok yang memperoleh skor turnamen tertinggi, akan menunjukkan efektifitas peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik X MIPA 2 SMA N 1 Pakem. Setelah menggunakan model kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran pada siklus I motivasi belajar peserta didik meningkat dengan rata-rata gain 0,14 yang masuk dalam kategori rendah, sedangkan siklus II motivasi belajar peserta didik meningkat dengan ratarata gain 0,30 masuk dalam kategori sedang. Hasil belajar fisika ranah kognitif peserta didik pada siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata gain sebesar 0,36, sedangkan siklus II, peningkatan hasil belajar berdasarkan rata-rata gain sebesar 0,52. Ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 14,3% dan siklus II sebesar 53,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:37
Last Modified: 15 Jul 2019 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64532

Actions (login required)

View Item View Item