HUBUNGAN ANTARA KECAKAPAN SOSIAL DENGAN STRATEGI COPING BERFOKUS MASALAH PADA SISWA SMAN 2 WONOSARI

Sari Wahyuningsih, Sari Wahyuningsih (2012) HUBUNGAN ANTARA KECAKAPAN SOSIAL DENGAN STRATEGI COPING BERFOKUS MASALAH PADA SISWA SMAN 2 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KECAKAPAN SOSIAL DENGAN STRATEGI COPING BERFOKUS MASALAH PADA SISWA SMAN 2 WONOSARI Oleh Sari Wahyuningsih NIM 08104241030 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecakapan sosial dengan strategi coping berfokus masalah pada siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasinya yaitu siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari sebanyak 189 siswa. Sampel yang diambil sejumlah 47 siswa, pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan metode angket yang berbentuk instrumen skala likert. Instrumen yang digunakan berupa Skala Kecakapan Sosial dan Skala Strategi Coping Berfokus Masalah. Skor validitas skala kecakapan sosial bergerak dari angka 0,376 sampai dengan 0,704, sedangkan skor validitas skala strategi coping berfokus masalah bergerak dari angka 0,422 sampai dengan 0,740. Nilai koefisien reliabilitas alpha ( ) pada skala kecakapan sosial sebesar 0,918 sedangkan pada skala strategi coping berfokus masalah sebesar 0,938. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis product moment. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,848 dengan signifikansi sebesar 0,000 (sig<0,01) yang berarti terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kecakapan sosial dengan strategi coping berfokus masalah pada siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kecakapan sosial pada siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari akan semakin tinggi pula strategi coping berfokus masalahnya, dan sebaliknya semakin rendah kecakapan sosial pada siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari akan semakin rendah pula strategi coping berfokus masalahnya. Koefisisen determinasi yang diperoleh adalah 71,9% yang berarti sumbangan variabel kecakapan sosial terhadap strategi coping berfokus masalah sebesar 71,9%. Kata kunci: kecakapan sosial, strategi coping berfokus masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 03 Oct 2012 00:30
Last Modified: 29 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item