PEMANFAATAN TEPUNG JAGUNG PUTIH UNTUK PEMBUATAN PASTA CORN FARFALLE CHICKEN SAUCE BARBEQUE “PACOLLE

Puspitarini, Dita Dwi (2019) PEMANFAATAN TEPUNG JAGUNG PUTIH UNTUK PEMBUATAN PASTA CORN FARFALLE CHICKEN SAUCE BARBEQUE “PACOLLE. D3 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan proyek akhir ini adalah: (1) menemukan resep produk Pasta Corn Farfalle Chicken Sauce Barbeque “Pacolle Chisbar”, (2) mengetahui daya terima masyarakat terhadap Pasta Corn Farfalle Chicken Sauce Barbeque “Pacolle Chisbar”, dan (3) kandungan gizi pada pasta corn farfalle. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian 4D yaitu Define, Design, Development dan Dissemination. Define adalah tahap mnentukan resep acuan, Design adalah tahap pengembangan produk, Development adalah tahap validasi produk, Dissemination adalah tahap mengimplementasikan produk. Tempat dan waktu penelitian yaitu di Laboratorium Boga Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dan Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan dari bulan Januari-Mei 2019. Bahan pengujian berupa sampel produk acuan dan produk pengembangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah (1) resep yang tepat untuk pembuatan produk Pasta Corn Farfalle Chicken Sauce Barbeque “Pacolle Chisbar”, yaitu bahan baku 60% tepung jagung putih dan 40% tepung beras merah. Formula ini menghasilkan pasta corn farfalle dengan karakteristik bentuk pita atau dasi kupu-kupu yang sesuai, ukuran atau ketipisan yang sesuai, kemudian warna putih dengan sedikit kemerahan, aroma jagung dan juga beras merah dengan sedikit amis telur, rasa yang gurih, dan tekstur yang agak lunak tidak seperti pasta beras merah dengan keseluruhan yang dapat diterima oleh masyarakat. Dengan harga jual Rp. 16000 per porsi (2) Penerimaan masyarakat terhadap produk Pasta Corn Farfalle Chicken Sauce Barbeque “Pacolle Chisbar”, dengan nilai rerata keseluruhan 3,65 masuk dalam kategori “disukai” sehingga produk dapat diterima oleh masyarakat. (3) Kandungan gizi yang terdapat dalam Pasta Corn Farfalle Chicken Sauce Barbeque “Pacolle Chisbar” setiap 75 gram pasta corn farfalle adalah 4 gram protein, 1 gram lemak, 8 gram serat dan 13 gram karbohidrat.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Pasta Corn Farfalle Chicken Sauce Barbeque “Pacolle Chisbar”, pasta corn farfalle, tepung jagung putih, tepung beras merah
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:51
Last Modified: 11 Jul 2019 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64517

Actions (login required)

View Item View Item