PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA REMAJA PANTI ASUHAN DAN PESANTREN PUTRI “SINAR MELATI AL-QUDDUUS” YOGYAKARTA TAHUN 2012

Siti Aisyah, Siti Aisyah (2012) PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA REMAJA PANTI ASUHAN DAN PESANTREN PUTRI “SINAR MELATI AL-QUDDUUS” YOGYAKARTA TAHUN 2012. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI KONSELING KELOMPOK PADA REMAJA PANTI ASUHAN DAN PESANTREN PUTRI “SINAR MELATI AL-QUDDUUS” YOGYAKARTA TAHUN 2012 Oleh Siti Aisyah NIM. 0514244006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional melalui konseling kelompok pada remaja Panti Asuhan dan Pesantren Putri Sinar Melati Al-Qudduus Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Pengambilan subyek melalui teknik purposive. Subyek penelitian ini adalah 12 anak panti usia remaja, dengan subyek penelitian yang berusia antara 15-18 tahun yang memiliki permasalahan sama dalam rendahnya kecerdasan emosional. Jenis tindakan untuk meningkatkan kecerdasan emosinal adalah metode konseling kelompok. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan kecerdasan emosional pada subyek penelitian. Metode konseling kelompok dapat meningkatkan subyek penelitian dalam memahami kesadaran diri sendiri, mampu menguasai beberapa teknik dalam mengendalikan emosi diri sendiri, berprilaku positif dalam memotivasi diri sendiri, saling berempati, dan dapat meningkatkan hubungan yang baik dengan sesama penghuni panti asuhan, serta adanya peningkatan skor skala kecerdasan emosional sebesar 82,4, dari rata-rata skor skala kecerdasan emosional pretest sebesar 190,9 menjadi rata-rata skor kecerdasan emosional sebesar 273,3 pada siklus III. Kata kunci: kecerdasan emosional, konseling kelompok, remaja putri panti.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 03 Oct 2012 00:30
Last Modified: 29 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item View Item