PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI FILM ANIMASI NADASI 1 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA DADAPAN KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Salma Aulia, Khosibah (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI FILM ANIMASI NADASI 1 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA DADAPAN KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
skripsi_Salma Aulia Khosibah_15111241005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dan mendeskripsikan proses serta hasil peningkatan pada anak di kelompok A TK ABA Dadapan Kecamatan Godean Kabupaten Sleman melalui film animasi Nadasi 1. Film animasi Nadasi 1 adalah film yang dirancang oleh studio Animars untuk mengenalkan huruf A-Z melalui animasi yang menarik bagi anak. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas dengan model dari Kemmis & Mc Taggart, dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Subyek penelitian yakni kelompok A 2 yang berjumlah 18 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berbentuk checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu minimal 70% dari 18 anak dapat mengenal huruf pada tingkat berkembang sangat baik (BSB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film animasi Nadasi 1 dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak. Langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK ABA Dadapan melalui film animasi Nadasi 1 sebagai berikut : 1) guru mempertontonkan film animasi Nadasi 1 secara berulang dan konsisten, 2) durasi menonton disesuaikan dengan konsentrasi anak ±15 menit, dan 3) guru memberikan penguatan untuk menjaga konsentrasi anak. Pada saat Pra Tindakan presentase kemampuan mengenal huruf 22%, kemudian pada Siklus I persentase meningkat menjadi 44%, dan persentase pada Siklus II mampu meningkat dan mencapai 83% sehingga melampaui kriteria keberhasilan yang diinginkan. Kata Kunci : mengenal huruf, film animasi Nadasi 1, anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 10 Jul 2019 04:36
Last Modified: 10 Jul 2019 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64508

Actions (login required)

View Item View Item