PENGEMBANGAN MATERI BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

Marti Sulistiani, Marti Sulistiani (2012) PENGEMBANGAN MATERI BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (92Kb) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MATERI BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN Oleh: Marti Sulistiani NIM. 07104241019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi bimbingan pribadi sosial tentang kekerasan dalam pacaran dalam bentuk multimedia interaktif bagi siswa kelas XI SMA N 1 Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and developtment). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui 9 tahap, yakni; tahap penelitian awal dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, tiga tahap uji coba, dan empat tahap revisi. Produk yang dikembangkan terdiri dari 10 materi, yaitu; 1) pengertian pacaran, 2) tujuan berpacaran, 3) saat tepat berpacaran, 4) pengertian Kekerasan Dalam Pacaran (KDP), 5) bentuk-bentuk KDP, 6) faktor penyebab KDP, 7) dampak KDP,8) hal yang harus dilalukan jika menjadi korban, 9) mitos dalam KDP, dan 10) pacaran sehat. Empat kelompok subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli materi Bimbingan dan Konseling dan ahli media pembelajaran, serta siswa kelas XI SMA N 1 Prambanan Sleman Yogyakarta. Pada subjek siswa, penentuan subjek tersebut dilakukan dengan teknik random yaitu 5 siswa pada uji lapangan awal, 10 siswa lapangan utama, dan 30 uji lapangan operasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Materi bimbingan pribadi sosial tentang kekerasan dalam pacaran ini dihasilkan melalui validasi dan tiga tahap uji coba dan empat tahap revisi. Hasil validasi ahli yaitu ahli materi dan ahli media menunjukan bahwa produk dinyatakan layak digunakan sebagai media bimbingan. Rerata skor dari ahli materi adalah 4,39 dengan kategori sangat baik dan rerata skor dari ahli media adalah 4,37 dengan kategori sangat baik. Pada uji lapangan awal menunjukan bahwa produk ini layak digunakan dengan perolehan rerata skor 3,99 dan kategorinya adalah baik. Pada uji lapangan utama menunjukan bahwa produk ini layak digunakan dengan perolehan rerata skor 4,16 dan kategorinya adalah baik. Hasil uji lapangan operasional menunjukan bahwa produk ini layak digunakan sebagai media bimbingan yaitu dengan rerata skor 4,04 kategori baik. Kata kunci: bimbingan pribadi sosial, kekerasan dalam pacaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: admin psikologi bimbingan fip
Date Deposited: 02 Oct 2012 07:55
Last Modified: 02 Oct 2012 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6449

Actions (login required)

View Item View Item