Chikita, Wulan (2019) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK MUHAMMADIYAH PAKEM TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (885kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (779kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas butir soal UAS Gasal Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah Pakem Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, untuk mendapatkan data soal ujian dan kunci jawaban serta jawaban seluruh peserta didik yang mengikuti ujian. Kemudian proses analisis butir soal akan meliputi segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh atau distractor dengan diolah menggunakan program anates versi 4.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butir soal UAS Gasal Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Kelas XI Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah Pakem tahun ajaran 2018/2019 ditinjau dari aspek validitas soal sebanyak 57% termasuk katagori valid dan 43% tidak valid. Dari segi reliabilitas soal diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,79 yang berarti memiliki koefisien tinggi. Kemudian dari segi tingkat kesukaran sebanyak 5% temasuk katagori mudah, 53% termasuk katagori sedang, 37% termasuk katagori sukar dan 5% termasuk katagori sangat sukar. Dilihat dari segi daya pembeda terdapat 5% soal termasuk katagori baik sekali, 43% termasuk katagori baik, 20% termasuk katagori cukup, 22% termasuk katagori jelek dan 10% termasuk katagori yang harus dibuang. Dari aspek efektivitas pengecoh, hanya terdapat 7,5% soal yang seluruh pengecohnya berfungsi dengan efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis butir soal, program ANATES |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 06:57 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 06:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64484 |
Actions (login required)
View Item |