PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBASIS BUKU GURU DAN BUKU PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KEBUMEN

Tarigan, Gilang Arihta Putra and Suparwoto, Suparwoto (2019) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBASIS BUKU GURU DAN BUKU PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMAMPUAN AWAL PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KEBUMEN. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SAVI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan buku guru dan buku peserta didik dengan pokok bahasan gelombang bunyi sebagai produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian dari validator; (2) mengungkapkan perbedaan hasil belajar antara pembelajaran SAVI dan pembelajaran konvensional yang melibatkan motivasi berprestasi peserta didik; (3) mengungkapkan hubungan antara kemampuan awal dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik; (4) mengetahui sumbangan kemampuan awal dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D menurut Semmel yang memiliki 4 tahap: define, design, develop, dan, disseminate. Produk penelitian pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran SAVI pada materi pokok Gelombang Bunyi. Uji coba produk meliputi uji coba terbatas pada peserta didik kelas XII MIPA C SMAN 1 Kebumen dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas XI MIPA C dan XI MIPA G SMAN 1 Kebumen. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dilihat dari skor penilaian validator dan respon peserta didik. Perbedaan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan uji F. Hubungan dan sumbangan kemampuan awal dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan uji anakova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk buku guru dan buku peserta didik layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik; (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen; (3) motivasi berprestasi dan kemampuan awal secara simultan berpengaruh sebesar 39.4% terhadap hasil belajar peserta didik; (4) sumbangan efektif dan relatif dari motivasi berprestasi adalah sebesar 33.6% dan 85.28%. Sumbangan efektif dan relatif dari kemampuan awal adalah sebesar 5.8% dan 14.72%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SAVI, Gelombang Bunyi, Motivasi Berprestasi, Kemampuan Awal, Buku Guru, Buku Peserta Didik, Hasil Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:00
Last Modified: 08 Jul 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64454

Actions (login required)

View Item View Item