PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI 5 PURBALINGGA

Pritha Amelia Puspitasari, Pritha (2012) PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI 5 PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI 5 PURBALINGGA Oleh: Pritha Amelia Puspitasari NIM. 07104244018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan program bimbingan dan konseling komprehensif bidang bimbingan belajar di SMP Negeri 5 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013 yang layak digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 5 Purbalingga dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional pada umumnya serta visi dan misi yang ada di sekolah secara khusus. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan melalui 7 tahap, yakni: tahap penelitian awal dan pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan program awal, dua tahap validasi, dan dua tahap revisi. Program yang dikembangkan terdiri dari empat struktur, yaitu; 1) landasan, 2) komponen program, 3) sistem manajemen, 4) akuntabilitas. Teknik pengumpulan data need asessment dilakukan dengan angket, wawancara dan observasi yang menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Program layanan bimbingan dan konseling komprehensif bidang bimbingan belajar ini dihasilkan melalui tahap uji validasi ahli program dan uji validasi Focus Group Discussion (FGD). Dari kedua uji validitas tersebut terdapat tahap revisi untuk menyempurnakan hasil program agar layak diimplementasikan. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa program layanan bimbingan dan konseling komprehensif bidang bimbingan belajar di SMP Negeri 5 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013 tersebut telah layak diimplementasikan tanpa revisi dan secara keseluruhan dapat dikategorikan baik dengan prosentase nilai 77,08%. Pada tahap Focus Group Discussion (FGD) program layanan bimbingan dan konseling komprehensif bidang bimbingan belajar di SMP Negeri 5 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013 telah disetujui untuk diimplementasikan dengan revisi sesuai hasil diskusi. Berdasarkan hasil tersebut program layanan bimbingan dan konseling komprehensif bidang bimbingan belajar di SMP Negeri 5 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013 ini dapat dikategorikan baik untuk digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 5 Purbalingga tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: program, layanan bimbingan dan konseling komprehensif, bimbingan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Oct 2012 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6442

Actions (login required)

View Item View Item