PENGARUH KONSEP DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING

Sugiarto, Sugiarto (2012) PENGARUH KONSEP DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

PENGARUH KONSEP DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING Oleh: Sugiarto NIM 05104244016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prokrastinasi akademik, pengaruh efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik, serta pengaruh konsep diri dan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Yogyakarta, tahun angkatan 2009, 2010, dan 2011. Subjek penelitian berjumlah 167 mahasiswa dari populasi sebanyak 309 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala Likert, sedangkan instrumen penelitian berupa Skala Konsep Diri, Skala Efikasi Diri, dan Skala Prokrastinasi Akademik. Uji validitas instrumen menggunakan uji validitas isi, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha dari Cronbach. Dari uji reliabilitas instrumen, diperoleh koefisien reliabilitas untuk Skala Konsep Diri sebesar 0.742, untuk Skala Efikasi Diri sebesar 0.821, dan untuk Skala Prokrastinasi Akademik sebesar 0.809. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat konsep diri mahasiswa berada pada kategori sedang dengan persentase 65,27 %, tingkat efikasi diri berada pada kategori sedang dengan persentase 77,25 %, dan tingkat prokrastinasi akademik juga berada pada kategori sedang dengan persentase 86,83 %. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap prokrastinasi akademik, terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik, serta konsep diri dan efikasi diri dapat memprediksikan prokrastinasi akademik, pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Yogyakarta. Konsep diri berpengaruh sebesar 14,9 % terhadap prokrastinasi akademik. Efikasi diri berpengaruh sebesar 27,4 % terhadap prokrastinasi akademik, serta konsep diri dan efikasi diri secara bersama-sama berpengaruh sebesar 31,4 % terhadap prokrastinasi akademik. Kata kunci: konsep diri, efikasi diri, prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 02 Oct 2012 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 16:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6441

Actions (login required)

View Item View Item