HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DIET DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP STATUS GIZI PADA SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 YOGYAKARTA

Baja, Fuadi Raja (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DIET DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP STATUS GIZI PADA SISWA SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUADI RAJA BAJA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya remaja yang belum mengetahui pemilihan nutrisi yang baik dan menganggap konsep diet hanya untuk menurunkan berat badan serta kebiasaan pola aktivitas fisik pasif atau sedentari pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pegetahuan diet dan aktivitas fisik terhadap status gizi siswa SMAN 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa SMAN 1 Yogyakarta. Variabel yang diteliti yaitu pengetahuan diet, aktivitas fisik dan status gizi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengetahuan diet adalah dengan tes tingkat pengetahuan yang telah tervalidasi, aktivitas fisik dengan menggunakan Global Physical Activity Questonnaire(GPAQ) dan status gizi dengan indeks massa tubuh. Status gizi digolongkan menjadi status gizi baik dan tidak baik. Pengolahan data dianalisis secara deskriptif. Hubungan pengetahuan diet dan aktivitas fisik terhadap status gizi dengan metode Chi Square dan Goodman Kruskall - Gamma Statistic. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan diet terhadap status gizi pada siswa SMAN 1 Yogyakarta (r=0,62 : p=0,01) serta ada hubungan antara aktivitas fisik terhadap status gizi pada siswa SMAN 1 Yogyakarta (r=0,85 ; p=0,000). Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan diet dan aktivitas fisik siswa maka akan semakin baik status gizinya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuen Diet, Aktivitas Fisik, Status Gizi
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:14
Last Modified: 27 Jun 2019 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64405

Actions (login required)

View Item View Item