PENGEMBANGAN ASSESSMENT KOGNITIF UNTUK MENILAI KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN WORKED EXAMPLES

Vidyasari, Lisa and Mundilarto, Mundilarto (2019) PENGEMBANGAN ASSESSMENT KOGNITIF UNTUK MENILAI KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN WORKED EXAMPLES. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan assessment kognitif untuk menilai kemampuan problem solving peserta didik SMA pada materi pokok momentum dan impuls, (2) menguji kelayakan assessment kognitif untuk menilai kemampuan problem solving peserta didik SMA pada materi pokok momentum dan impuls, (3) mendeskripsikan besar peningkatan kemampuan problem solving peserta didik SMA setelah menggunakan worked examples pada materi pokok momentum dan impuls. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan kombinasi model 4-D (Four-D Models) dan model ADDIE. Tahap-tahap yang dilakukan meliputi define, design, develop, implementation, dan evaluation. Uji coba soal worked examples dilakukan pada 109 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Ngaglik. Penggunaan instrumen worked examples untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem solving peserta didik dilakukan di SMA Negeri 1 Godean melibatkan 118 peserta didik kelas X. Analisis data menggunakan Quest untuk mengetahui validitas empiris, reliabilitas, dan tingkat kesukaran butir soal. Analisis peningkatan kemampuan problem solving peserta didik menggunakan standard gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diperoleh konstruksi instrumen penilaian yang dikembangkan yaitu berupa worked examples yang berisi 7 soal uraian fisika materi momentum dan impuls dengan level kognitif menganalisis/C4, mengevaluasi/C5, dan mencipta/C6; (2) assessment dalam format worked examples layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik SMA dengan kriteria nilai validitas V Aiken yang diperoleh dalam kategori valid untuk setiap butir soal dan nilai reliabilitas yang diperoleh sebesar 0,84 sehingga masuk dalam kategori reliabel, (3) besar peningkatan kemampuan problem solving peserta didik setelah menggunakan worked examples pada materi pokok momentum dan impuls yaitu diperoleh nilai standard gain 0,33 atau kategori peningkatan kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, worked example, problem solving, SMA, momentum dan impuls
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:59
Last Modified: 01 Jul 2019 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64401

Actions (login required)

View Item View Item