PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR PROBLEM SOLVING SKILL FISIKA PESERTA DIDIK SMA SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN WORKED EXAMPLES PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA

Astuti, Umi Dewi and Istiyono, Edi (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGUKUR PROBLEM SOLVING SKILL FISIKA PESERTA DIDIK SMA SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN WORKED EXAMPLES PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengkontruksi instrumen penilaian untuk mengukur problem solving skill fisika peserta didik SMA pada materi pokok gelombang bunyi dan cahaya, 2) Menghasilkan instrumen penilaian yang valid dan reliabel untuk mengukur problem solving skill fisika peserta didik SMA pada materi pokok gelombang bunyi dan cahaya, 3) Mendeskripsikan tingkat problem solving skill fisika peserta didik SMA di Yogyakarta pada materi pokok gelombang bunyi dan cahaya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Validitas isi dengan expert judgement oleh ahli pendidikan fisika dan praktisi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif yaitu validasi isi mengunakan V Aiken dan validitas empiris untuk mengetahui instrumen fit dengan model PCM 1PL, reliabilitas, indeks kesukaran, dan fungsi informasi dan SEM. Instrumen diujicobakan pada 254 peserta didik dari 3 SMA di Yogyakarta serta pengukuran dilakukan pada 3 SMA di Yogyakarta. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif adalah menginterpretasikan hasil pengukuran problem solving skill dengan mengkonversikan nilai θ menjadi data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan 1)telah dihasilkan instrumen asasment kognitif dengan jumlah 25 item soal berbentuk pilihan ganda beralasan, 2)instrumen sudah layak digunakan dengan kriteria telah fit dengan model PCM 1 PL, memiliki reliabilitas 0,79 dengan kategori reliabel, dan memiliki tingkat kesukaran antara-1,09 -0,95, 3) Tingkat kemampuan problem solving peserta didik SMA di Yogyakarta grade tinggi dihasilkan prensentase kemampuan tinggi sebanyak 87% dan sedang sebanyak 13. Sekolah dengan grade sedang memiliki sebaran persentase yaitu kemampuan dengan level tingi sebanyak 6% dan level sedang 94%. Sekolah dengan grade rendah memiliki sebaran kemampuan dengan level tinggi sebanyak 13%, level sedang sebanyak 82%, dan level rendah sebanyak 5%

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, penilaian, worked examples, problem solving
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 01 Jul 2019 07:56
Last Modified: 01 Jul 2019 07:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64400

Actions (login required)

View Item View Item