PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI DAN JAUHNYA LONG PASS PADA SISWA KU 14 TAHUN SSB KRIDANING KARSO KSATRIO (KKK) KLAJURAN

Putra, Diky Pratama (2019) PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI DAN JAUHNYA LONG PASS PADA SISWA KU 14 TAHUN SSB KRIDANING KARSO KSATRIO (KKK) KLAJURAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik terhadap peningkatan power tungkai dan jauhnya long pass pada siswa KU 14 di SSB KKK Klajuran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain “The One Group Pretest Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB KKK Klajuran berjumlah 47 orang, yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria dalam penentuan sampel ini meliputi: daftar hadir latihan minimal 75% (keaktifan mengikuti latihan pada saat treatment), pemain merupakan siswa SSB KKK Klajuran yang masih aktif latihan, kelompok usia 14 tahun, tidak dalam keadaan sakit. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 16 orang. Instrumen untuk mengukur power tungkai yaitu tes vertical jump dan jauhnya long pass diukur menggunakan tes kemampuan tendangan lambung. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan pliometrik terhadap peningkatan power tungkai pada siswa KU 14 di SSB KKK Klajuran, dengan t hitung 2,390 > t tabel 2,131, dan nilai signifikansi 0,030 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 2,24%. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan pliometrik terhadap peningkatan jauhnya long pass pada siswa KU 14 di SSB KKK Klajuran, dengan t hitung 3,738 > t tabel 2,131, dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 5,50%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan pliometrik, power tungkai, jauhnya long pass
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jun 2019 03:37
Last Modified: 25 Jun 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64369

Actions (login required)

View Item View Item