FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN SENAM KETANGKASAN PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI GADINGAN KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Oktafian, W Yusuf (2021) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KEBERHASILAN PEMBELAJARAN SENAM KETANGKASAN PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI GADINGAN KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_w yusuf oktafian_16604221028.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung keberhasilan pembelajaran senam ketangkasan peserta didik kelas V di SD Negeri Gadingan Kulon Progo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gadingan Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menjadi pendukung keberhasilan pembelajaran peserta didik dalam senam ketangkasan di SD Negeri Gadingan Kabupaten Kulon Progo meliputi: (1) faktor internal: individu peserta didik, tubuh yang bugar setelah mengikuti pembelajaran senam ketangkasan, materi dari guru yang membuat peserta didik tertarik untuk mengikuti pembelajaran senam ketangkasan, rasa takut yang mampu diminimalisir oleh peserta didik dan guru. (2) faktor eksternal: (a) Guru, guru yang selalu memberi motivasi kepada peserta didik, (b) Materi, materi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, (c) Sarana, sarana prasarana yang cukup baik yang mampu mendukung pembelajran, (d) Lingkungan, lingkungan yang nyaman untuk pembelajran.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra. Farida Mulyaningsih, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: senam
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 04 Feb 2021 06:56
Last Modified: 04 Feb 2021 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64355

Actions (login required)

View Item View Item