PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK MESIN di SMK PIRI SLEMAN dan SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Sancoko, Riko Tri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG PADA MATA PELAJARAN DASAR TEKNIK MESIN di SMK PIRI SLEMAN dan SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. File Halaman Judul s.d. Daftar Lampiran.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. bab 1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. bab 2.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. bab 3.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. bab 5.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. File Daftar Pustaka.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. File Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran Blog sebagai media tambahan untuk mata pelajaran Dasar Teknik Mesin di SMK PIRI Sleman dan SMK PIRI 1 Yogyakarta; (2) menganalisis uji kelayakan media pembelajaran Blog pada mata pelajaran Dasar Teknik Mesin di SMK PIRI Sleman dan SMK PIRI 1 Yogyakarta; (3) mengetahui respon siswa dan guru pengampu setelah media pembelajaran Blog dikembangkan di SMK PIRI Sleman dan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dari 10 model tahapan Borg dan Gall yang mengalami penyederhanaan menjadi 6 tahapan. Produk media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket dari validator kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan presentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengembangan produk penelitian menghasilkan media pembelajaran Blog yang memuat 6 kompetensi dasar pada materi Dasar Teknik Mesin dan alamat website media pembelajaran Blog yaitu https://pdtmsmk.blogspot.com yang dapat diakses melalui gadget dimanapun dan kapanpun; (2) kelayakan yang diperoleh dari pengembangan media pembelajaran Blog adalah 81% oleh ahli media 1 dan 86% oleh ahli media 2, 84% oleh ahli materi 1 dan 87% oleh ahli materi 2. Sedangkan untuk penilaian dari responden adalah 90% oleh kedua guru pengampu dan 85% oleh siswa. Berdasarkan hasil uji kelayakan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Blog sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Teknik Mesin di SMK PIRI Sleman dan SMK PIRI 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Blog, dan Dasar Teknik Mesin
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jun 2019 08:02
Last Modified: 24 Jun 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64352

Actions (login required)

View Item View Item