PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YAPEMDA 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

RAHMAN, ESTRI KURNIA (2019) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK YAPEMDA 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
Naskah fulltext.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019, (3) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019, (4) Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019 sejumlah 58 siswa yang sekaligus sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,365; r2x1y = 0,133; dan thitung = 2,932 lebih besar dari ttabel = 1,673. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y = 0,531; r2x2y = 0,282; dan thitung = 4,693 lebih besar dari ttabel = 1,673. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya dengan rx3y = 0,396; r2x3y = 0,157; dan thitung = 3,226 lebih besar dari ttabel = 1,673. (4) Terdapat pengaruh positif dan siginifikan Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2,3) = 0,542; R2y(1,2,3) = 0,293; dan Fhitung = 7,471 lebih besar dari Ftabel = 2,78.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:01
Last Modified: 24 Jun 2019 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64345

Actions (login required)

View Item View Item