PENGEMBANGAN LUDO FOR ACCOUNTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Vardani, Karina Citramurti (2019) PENGEMBANGAN LUDO FOR ACCOUNTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Pendidikan Akuntansi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan permainan Ludo for Accounting sebagai media pembelajaran Akuntansi Dasar untuk kelas X Akuntansi, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Ludo for Accounting pada mata pelajaran Akuntansi Dasar berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi, 3) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Ludo for Accounting pada mata pelajaran Akuntansi Dasar berdasarkan validasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi mode pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation), namun hanya dilaksanakan sampai tahap implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran akuntansi. Media yang dikembangkan diujicobakan pada 20 siswa kelas X Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket. Data yang diperoleh melalui angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Media Pembelajaran Ludo for Accounting dikembangkan dengan menggunakan metode ADDIE, 2) Kelayakan media pembelajaran Ludo for Accounting menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut: a) penilaian oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 4,06 yang masuk dalam kategori “Layak”; b) penilaian oleh ahli media diperoleh rata-rata skor 4,25 yang masuk dalam kategori “Sangat Layak”; c) penilaian dari praktisi pembelajaran akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,83 yang masuk dalam kategori “Layak”, 3) Penilaian siswa terhadap media pembelajaran Ludo for Accounting pada tahap uji coba perorangan mendapatkan rata-rata skor 4,08 yang masuk dalam kategori “Layak”, uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata skor 4,22 yang masuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan uji coba lapangan mendapatkan rata-rata skor 4,38 yang masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian media pembelajaran Ludo for Accounting yang dikembangkan ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Ludo for Accounting
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:43
Last Modified: 24 Jun 2019 02:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64341

Actions (login required)

View Item View Item